06.17
0
Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, mengolah , menganalisis, dan menginterpretasikan data . Statistika bisa dibilang semacam alat dalam melakukan suatu riset empiris. Kenal Statistika juga musti kenal juga dengan data tentunya . Keduanya itu saling mengikat, data merupakan bahan baku informasi , bisa juga dibilang kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kuantitas , fakta , tindakan, dan sebagainya.
Nah, data yang bagaimana yang akan dipakai dalam Statistika ? tentunya data yang baik lah ya dengan memenuhi syarat-syarat dibawah ini maka data bisa kita bilang baik :
  • Objektif , Maksudnya disini data musti kudu harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya bukan diada-ada loh :)
  • Representatif , Data yang bakal dipake juga musti kudu ngewakilin objek yang akan di teliti . misal : Penelitian tentang Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Lokus A , maka data yang musti dikumpulin data yang ngegambarin kondisi kemiskinan juga . mudahnya sih begitu :)
  • Sampling Error kecil, Kesalahan dalam pengambilan sampel di usahakan sekecil mungkin
  • Up to date , data yang dipakai segar. Disesuaikan dengan zaman lah, data juga musti gaul hha
  • Relevan , data harus ada hubungannya dengan masalah yang ingin dipecahkan
Nih macam-macam data :
  1. Data Menurut sifatnya : Kuantitatif ( data yang berupa angka menunjukkan kuantitas ) , kualitatif ( data yang menunjukkan kualitas )
  2. Data menurut Sumbernya : Internal , Eksternal
  3. Data Menurut cara memeperolehnya : Primer ( data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh seorang peneliti ataupun oleh suatu organisasi terkait ) , Sekunder ( data yang  diperoleh dalam bentuk langsung sudah diolah oleh pihak lain sebagai pengumpul utamanya)
  4. Data menurut waktu pengumpulannya : Cross section ( data yang dikumpulkan pada satu periode tertentu , biasanya  menggambarkan keadaan pada periode tersebut ,) , Time series ( data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu
Sumber Data terpercaya : Badan Pusat Statistik http://www.bps.go.id/

Setelah sedikit mengetahui tentang data, mari kita telusuri bagaimana mengumpulkan data itu.
Pengumpulan data tidak mudah dan tidak juga sulit :) karena ketika kita mencintai suatu pekerjaan maka semua akan mudah dan sukses, insyaAllah . Ada dua cara pengumpulan data ,
  1. Sensus –> Cara pengumpulan data dengan mengamati seluruh elemn populasi satu per satu. data yang didapat merupakan hasil dari amatan terhadap seluruh elemen populasi , data hasil sensus biasanya disebut parameter . Contoh Pengumpulan data menggunakan cara sensus yaitu : SENSUS PENDUDUK 2010 , SENSUS EKONOMI (2006) , SENSUS PERTANIAN ( 2003)
  2. Survey —> cara pengumpulan data dengan mengamati sebagian dari elemen populasi sebagai sampel penelitian . data yang didapat akan dipakai untuk mengestimasi populasi , ini disebut statistik .

0 komentar:

Posting Komentar